Friday, May 15, 2009

Merelakan Atau Menerima Yang Lebih Baik?

| |



Dulu pas gw SD gw pingin banget jadi guru. Yah biasalah anak-anak kan masih suka niru gitu kan. Saat itu gw berpikir, jadi guru enak bisa ngasih PR yang banyak, terus bisa pake sepatu hak tinggi yang kalo pas jalan ada bunyinya. Tak.. tak.. tuk.. Sangat professional. Namun bingung deh, kuda kan tapalnya juga suka bunyi. Tak tuk juga. Apa gw jadi kuda aja yah? sengihnampakgigiHehe. Tapi bagian yang paling gw inginkan jadi guru adalah seragamnya. Gw sekolah di SD swasta, jadi gurunya pake baju kantoran gitu. Saat kecil, pas diajak mamah belanja, saat melewati bagian pakaian kantoran, gw selalu ngeliatin dengan muka kepengenblogger-emoticon.blogspot.com. Selagi mamah pergi liat” baju, gw dan kakak gw disuruh duduk di kursi. Supaya anteng dan tetep di tempat, beliau beliin kita kue monami yang waktu itu rasanya enak banget. Sambil makan kue, gw melihat sekeliling ke arah baju, milih model yang gw suka. Walaupun gw tau, masih lama banget buat bisa jadi guru, gw tetep melihat baju itu terus-menerus dan menanam mimpi jadi guru di benak gwrindu. Sampai mimpi itu hilang ditelan bumiblogger-emoticon.blogspot.com. Dan kelas 6 SD gw beralih, gw mau jadi fashion designer. Sampe gw suka gambar” model” beserta bajunya, sok” diwarnain, terus digunting dan ditempel di lemari. Dasar anak-anak..pika17

Pas SMP gw ga tau cita-cita gw apa. Ada yang bilang orang yang punya cita” lebih bagus nilainya di sekolah. Gw ga setuju. Nilai gw di SMP oke-oke aja tuh. Malah pas di SMA, ketika gw menetapkan cita-cita gw pingin jadi dokter, nilai gw malah ga ada progress. Cita-cita? Omong kosong

Gw ingin sekali jadi dokter. Tapi kita hidup di realita dan kadang ga sesuai dengan harapan. Gw belajar tekun, gw belajar untuk mencintai biologi. Kalo lagi lewat kampus FKUI di salemba, terus bokap nyokap bilang, ‘Wieke, nanti kalo jadi dokter, kuliahnya di situ, insyaAllah ya..’ . Terus gw mikir dalem hati, ‘oh papah mamah maunya di situ? Yaudah, nanti wieke kuliah di situadacall.’ Gw yang baru junior di SMA belum mengerti bahwa kalo mau dapet fakultas kedokteran itu sulitpucca_love_08.

Di kelas 3 ini gw ambil SIMAK UI, USM ITB, dan UM UGM. Gw berharap banget masuk FK UI atau FK UGM. ITB tidak begitu gw harapkan karena dalam jiwa gw tanamkan bahwa gw calon dokter. Dan gw salah. Gw tidak diterima di manapun kecuali di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB. Awalnya gw down banget. Tapi gw sadar harus bersyukur karena masih ada anak” yang belum dapet kuliah. Gw menerima hal itu dan memutuskan untuk ambil ITB. Melepaskan cita-cita gw jadi dokter. Gw sudah capek kecewa, lagipula perminyakan juga ga buruk. Kalo kerja nanti gajinya lumayan lah:woooh:. Hehe, ga bisa dipungkiri bahwa materi adalah hal yang penting dalam hidup inisenyumkenyit. Gw bisa belajar mencintai perminyakancium, gak jadi masalah melepaskan kedokteran.

Cita-cita gw yang masih bertahan adalah menjadi musisi. Gw bermain piano, tapi gw bukan ahlinya. Ga tau, gw ada bakat atau ga. Yang jelas awal gw mencintai piano karena mendengar guru gw main Autumn Leaves versi jazz di piano, waktu itu gw kelas 3 SMP. Dan gw sadar betapa gw mencintai musik jazz dan piano. Sekarang gw sudah kelas 3 SMA dan sebentar lagi insyaAllah akan lulus. Gw sadar bahwa main piano tidak segampang yang gw kiranerd. Main dengan spontan di piano butuh skill yang cukup tinggi, dan buat mencapai itu butuh keuletan tingkat tinggi, apalagi musik jazz. Sampai sekarang gw masih terbata-bata dan buruk banget mainnya. Tapi gw akan latihan terus dan terus. Sampai nanti akhirnya gw bisa jadi musisi betulanrindu. Ah, cuma mimpi mungkin. Tapi sesuatu yang nyata berawal dari mimpi, bukan? kenyitHehe. Terserah ada yang menganggap gw ga bisa main piano, ga bakat, atau apa. Mimpi itu adalah sesuatu yang harus diperjuangin. Kalo dengerin kata orang terus, kebanyakan mikir, kapan perjuanginnya? Let’s fight for our dreams! blogger-emoticon.blogspot.com


2 respon dari pembaca:

top
Judith A. said...

ahaha...cerita yang menarik :D

dimana2 ga ada orang langsung bisa...jangan nyerah^^
semoga jadi musisi betulan
met kenal ya^^

Wieke Pratiwi said...

met kenal juga. makasih yaa. ntar kalo gw jadi musisi gw undang ke konser gw deh hahaha