Wednesday, May 6, 2009

Praktik Part 2

| |

Praktikum kimia… Satu kata. Horor.

Hari kamis kemarin gw ujian praktik kimia. Prosesnya berlangsung cukup…. menegangkan.

Untungnya kali ini gw ga terlambat dating kayak kemaren praktikum biologi. Gila, kimia gw terlambat, mati aja.

Gw sampe di depan lab kimia sekitar 10 menit sebelum ujian. Terus pas udah waktunya, kita dipanggil. Oke, mari fokuskan ke gw aja ya. Gw dipanggil. Gw mengambil undian nomor meja. Mendapat nomer 1, gw langsung ke meja praktikum gw. Pas ngeliat petunjuk praktiknya… Titrasi I.. Hmm oke, lumayan bisa lah… Percobaan kedua. Uji aldehida pada karbohidrat. Nah loh itu apapucca_love_11. Merasa pernah ngerjain percobaan kayak gitu aja kagak. Lah ini suruh ngelakuin. Mana waktu ujiannya 1.5 jam lagi. Kodok tegang, praktikum serasa lagi kaderisasi.

Percobaan titrasi berjalan agak lama, karena sempet gagal, namun gw coba lag, akhirnya bisa. Suasana lab panas bangett, kipas anginnya ga dinyalain. Parah, kerjaan gw kayaknya lebih banyak kipas” muka daripada bikin larutan.. Gw sempet mengelap muka pake tissue gitu, eh yang ada tissue nya pada nempel di muka. Aduh, tambah ribet:tsk:. Selesai titrasi, kodok senang karena akhirnya bisa. Namun kebahagiaan itu ga berlangsung lama. Karena pengawas sempet nyeletuk. ‘Kamu, meja 1, percobaan ke berapa?’ Lalu gw jawab dengan lugu ‘Satu, bu’ Terus ibunya malah bikin gw tegang, ‘Ayo cepetan, waktunya tinggal dikit lagi. Ayo lanjut ke percobaan dua. Gimana sih..’:takot: Gw berdehem, kipas”, terus baru lanjutin ke percobaan kedua. Gw bener” blank soal percobaan kedua. Ya, itu kalo uji karbohidrat aja sih gw bisa, tapi ini uji gugus aldehid. Apa itu? Aduh, dunia serasa menghimpit. Gw makin keringetan, karena panas, juga karena panic dan tegang. Gilaaaa, mestinya lab dikasih AC. Panasnya kayak di mesir. Serasa praktikum di scene nya ayat-ayat cinta.

Percobaan kedua, gw terpaku pada petunjuk di meja sepenuhnya. Gw masukin bahan, terus manasin. Yah.. begitulah sampai menurut gw percobaan kedua sudah selesai. Hati gw lega.. Gw nulis laporan sambil menunggu larutan mendidih. Kayak ibu yang ngasuh anak sambil masak air. Fyuh.. Saat lagi asik”nya sama laporan, tiba” seorang guru pengawas nyamperin gw terus nyeletuk dia manggil guru pengawas lain, ‘Bu *piip (nama disamarkan), sini deh, liat, masa ini manasinnya pake gelas kimia.’ Terus gw nengok. Ini guru ngomongin siapa? Gw? Gw merasa tidak ada yang salah pada percobaan gw. Tapi, ternyata gw memang salah. Setelah diomelin sama gurunya, gw langsung ngulang lagi percobaan kedua, padahal waktunya tinggal kurang dari 5 menit lagiii. Parah. Gw emosiblogger-emoticon.blogspot.com. Kenapa tuh guru baru bilang coba.. Gw sibuk bersihin alat”nya pake akuades dulu. Eh pas lagi sibuk”nya, tiba”… Kaki gw serasa menginjak sesuatu. Prekk… Prekk prekk.. :galit:Gw goyangin kaki gw lalu menatap dengan ragu”dan rasa takut. Apa yang sebenarnya gw injek? Pipet. Masya Allah. Cobaan. Terus gw berusaha buat nyembunyiin pecahan pipet itu dibalik ember, jangan sampeeee guru pengawasnya liat. Gw geser pecahannya pake kaki. Namun gw sangat beruntung diberi perhatian lebih sama guru pengawas. Perhatian yang tidak pada waktunya. Telinganya yang tajam mendengar bunyi prek prek itu tadi. Padahal posisi guru itu agak jauh lho, dari meja gw. Ajaib emang sampe bunyinya kedengeran. ‘Kenapa, pecah ya?’ gw kaget mendengar suara beliau. Addddduh. Gw, dengan nada melas plus tersiksa karena udara di lab makin panas dan gerah aja, menjawab ‘Iya bu… Aduh.. maaf ya buuuu’ Gw ga tau mesti bilang apa lagi. ‘Pipet yatwisted?’ Si ibu nanya lagi. Terus gw ngangguk ‘Iya bu.. Ibu maaf banget yaaaahnangih Si ibunya malah senyam-senyum. Gw tidak mengerti. Gw tahu, kayaknya dia agak ngerasa kasian campur kesel sama gw.

Percobaan kedua gw gagal. Ditambah mecahin pipet. Laporan gw juga ngasaltanduk.

Mari kita lihat nanti apakah gw masuk ke daftar orang” yang mengulang praktikum?pucca_love_16

0 respon dari pembaca:

top