Hari itu pagi-pagi gw berangkat dari rumah, dianter bokap. Ada masalah yang cukup pelik di keluarga kami sehingga selama gw di mobil gw diem aja, setengah cemberut, setengah pingin nangis. Gw pingin banget ngomong, mengungkapkan pendapat gw, tapi kondisi hati gw lagi sensitip. Gw hanya bisa duduk merapat ke kursi mobil sambil menahan airmata. Kenapa gw cengeng banget.. Gw juga ga tau.
Berangkat dari rumah jam setengah 7 kurang, padahal rumah gw di bekasi dan sekolah gw di Jakarta selatan dan kenyataannya praktik olahraga dimulai pukul 7. Panik? Biasa saja ah. Karena gw udah pasrah, gw juga lagi banyak pikiran. Olahraga ini, bisa diatur lah
. Pikir gw begitu.
Sampai di kosan pukul 7.30 lewat dikit, gw langsung berlari ke dalam kosan, buru-buru ganti pakaian olahraga. Gw langsung cabut ke sekolah dengan bekal kartu tanda peserta ujian praktik saja. Sampai di lapangan, anak-anak udah pada ngumpul, ternyata ujian belum mulai. So, gw membaur dengan temen-temen. Yak, selesai praktik olahraga jam setengah 10, dan praktikum biologi giliran kelompok gw adalah jam 11. Gw belum belajar biologi. Gw panic. Langsung gw ke kosan dengan ditemani seorang temen. Habis mandi (karena gerah abis olahraga) gw dan teman gw belajar biologi di kamar gw. Pukul setengah 11 lwat, gw belum berganti pakaian. Akhirnya gw buru”, dan pukul 11 lewat kita baru berangkat dari kosan. Lambung gw yang udah genjreng” nyanyi lagu jazz minta diisi. Akhirnya sambil mengusap” perut sambil bilang ‘sabar ya nak, ibu akan carikan makan untukmu’, gw dan temen gw melesat ke koperasi beli risol.
Sampe di depan laboratorium biologi, anggota kelompok gw yang lain ga keliatan. Gw panik. Jangan” udah mulai? Eh temen gw malah nanya ‘Wik, lab biologi di lantai berapa sih?’ Gw langsung ‘heeh? Ini di depan mata lo juga’ Setelah terkikik-kikik sebentar, kita intip ke dalem, ternyata oh ternyata anak-anak udah pada mulai ngutak atik mikroskop. Otomatis gw panik
! Tapi berhubung lambung tersayang minta makanan, gw nyuap segigit risol dulu, baru masuk ke dalem lab. Sambil minta maaf berkali-kali ke gurunya (yang notabene adalah wali kelas gw sendiri yang terkenal amat sensitip – maapkan aku bu ermi, sudah terlambat..), gw menuju ke meja praktik. Ternyata urutan mejanya udah diatur, dan tebak. Gw dapet meja nomer 13. Gyeh. Nomor keberuntungan.
Melihat soal praktikumnya, gw awalnya was-was, namun gw berusaha menenangkan diri ‘Pasti lulus, pasti dilulusin kooook’. Gw mengerjakannya dengan cermat. Sehabis mengamati batang taneman dari mikroskop gw beralih ke pengamatan kedua. Ngamatin organ dalam manusia gitu. Gw menatapi seonggok penampang organ palsu itu. Gw menatap dalam-dalam, lalu gw deg-degan. Apa ini pertanda cinta? Bukan, ternyata ini pertanda bingung. Ini hati, jantung, usus apa paru-paru sih? Gw ga menyangka ada organ seambigu itu di tubuh manusia. Bentuknya aneh banget. Paru- paru bukan ya? Lalu setelah berpikir, setelah bengong bermenit-menit, gw putuskan. Ini usus karena ada lipatan” panjang gitu. Gw mulai menulis laporan. Tapi gw ga yakiiin. Ini jantung apa usus siiiih? Kodok bodoh pisan. Saat seorang guru pengawas melintas, terus dia ngamatin pekerjaan gw. Gw dengan senyum semanis permen caramel bertanya ‘bu, ini usus bukan ya?’ Si ibunya malah senyam-senyum. Eh si ibu kunaon ieu.. Terus dia ngomong sesuatu. Gw yang ga mendengar perkataannya dengan jelas, bertanya, ‘apa bu?’ terus ibunya ngomong sekali lagi. Gw masih ga bisa denger dengan jelas. Buset
, nih telinga yang salah apa ibunya ngomong bahasa itali sih. Gw angguk” aja. Ntar kalo gw nanya lagi gw dihadiahin korek kuping sekardus lagi. Sial. Satu kesempatan bertanya pada guru sudah hilang. Gw memutar otak, seperti memutar baling-baling bambu. Ini organ apaaa?? Usus. Jantung. Paru-paru. Usus. Jantung. Paru-paru. Us… CUKUP!
Gw memutuskan namanya adalah usus. Usus bin pancreas. Hehe. Iya, akhirnya sebelum bel selesai gw udah nganggur. Ga ada kerjaan. Akhirnya gw melihat sekeliling. Sebelah gw, Alven, lagi sibuk utak-atik hydrilla. Depan gw, Yahya, kayaknya dia juga udah selesai jadi nganggur gitu deh. Dia lagi sibuk mainin torso tulang. Malah sempet dia ngayunin tulangnya kayak mau ngayun tongkat golf gitu. Autis bener.. Btw, percaya ga percaya beberapa bulan yang lalu gw sempet berpose sama tulang ituuu. Itu dia fotonya.. Lalu serong kanan depan gw, Yudha. Dia bawaannya lengkap banget. Dia bawa crayon plus pensil warna. Sampe gw geleng” dalem hati, mikir ‘Ini mau praktikum biologi apa lomba gambar coba’
Akhirnya waktu pun berlalu. Kami disuruh ngumpulin laporannya, langsung deh gw pulang ke kosan dengan langkah gontai sambil ngunyah risol yang tadi tertunda makannya. Hati lega. Hari ini misi biologi dan olahraga selesai
. Besok? Kimia. Another nightmare…
Hiiii….
0 respon dari pembaca:
Post a Comment